Cara menyetir Mobil Manual Dengan Menguasai Kopling Mobil

Sahabat sekalian,setelah sebelumnya kita mempelajari secara umum tehnik cara mengemudi mobil manual,kali ini kita akan mempelajari cara menyetir mobil dengan menguasai kopling.

http://blogcaramenyetirmobil.blogspot.co.id/
Menguasai kopling mobil


Bagaimana cara menyetir mobil ini?


Sebelum lebih jauh, kita kenali dahulu secara awam tentang kopling mobil,mudahnya kopling mobil itu penyambung dan pemutus putaran mesin mobil ke tranmisi yang dilanjutkan ke roda .Simtem kerjanya berfungsi oleh tekanan pegas dan di non aktifkan ketika kita injak pedal kopling.Bagi pemula biasanya memainkan kopling kurang lembut akibatnya mesin mati,atau kopling terbakar karena gesekan.Lama kelamaan mobil kita akan Low Power karena kampas kopling habis.

Nah ,sekarang anda tahu kenapa mobil anda cepat low power,meski mesin mobil prima!

Berikut saya jabarkan dasar penguasaan kopling mobil :

1. Saat Awal Menjalankan Mobil
* Injak pedal kopling secara penuh
* Gerakkan tuas persenelling ke gigi 1
* Kaki kanan tempatkan di pedas gas(hanya bersiaga)belum di gas
* Perlahan lepaskan kopling mobil hingga mobil anda bergerak
* Imbangi dengan pedal gas jika mobil akan mati
* Tidak perlu injak kopling lagi kecuali anda mau memindahkan persenelling atau mau berhenti

http://blogcaramenyetirmobil.blogspot.co.id/2017/04/cara-menyetir-mobil-manual-selama-5.html
kopling mobil


2. Saat Perpindahan gigi ketika berjalan
* Pindahkan persenelling jika suara mesin mulai meraung yang artinya sudah mencapai rpm perpindahan gigi
* Lepaskan pijakan di pedal gas agar RPM mesin turun
* Injak kopling mobil sampai bebas
* Langsung pindahkan ke gigi 2,dan seterusnya (untuk gigi selanjutnya)
* Lepaskan pedal kopling secara perlahan
* Imbangi dengan mulai menginjak pedal gas lagi sampai kopling terbebas

Perlu diketahui,faktor utama kegunaan kopling adalah keseimbangan putaran roda dan mesin mobil melalui perantara tranmisi yang dihubungkan oleh kopling mobil.

Bagaimana jika merayap di kemacetan di jalan datar?Berikut caranya :

*Gunakan gigi 2/1 jika kemacetan parah,
*Tidak perlu menginjak pedal gas,cukup memainkan kopling saja.
*Jika mobil anda menggunakan AC biasanya rpm engine akan naik otomatis
*Cukup fokus memainkan setengah kopling agar mobil tidak terlalu cepat.
*Imbangi dengan pedal rem bila perlu

Jika Macet di Tanjakan bagaimana cara menyetir mobil di tanjakan dan penguasaan kopling mobil?berikut penjelasannya :

http://blogcaramenyetirmobil.blogspot.co.id/2017/04/cara-belajar-menyetir-mobil-di-tanjakan.html
menyetir mobil di tanjakan


*Gunakan gigi 1 atau 2(mobil muda dan tanjakan landai)
*Matikan AC mobil anda agar lebih ringan(hidupkan juga boleh)
*Bila anda sudah expert cukup mainkan pedal gas dan kopling (saya tidak menyarankan)karena berbahaya untuk komponen dan tentunya untuk anda jika lengah
*Kombinasi antara pedal kopling,rem tangan dan pedal gas,berikut selengkapnya :

Setiap akan mulai berhenti di tanjakan  Injak pedal kopling penuh,kemudian aktifkan rem tangan,netralkan persenelling agar anda lebih rileks,jika anda akan mulai jalan Injak kopling penuh masukkan roda gigi 1,injak pedal gas perlahan sampai mobil mulai bergerak,kemudian lepaskan rem tangan.Siklus ini berulang ulang selama anda berada di kemacetan tanjakan agar anda lebih nyaman dan aman.

Mari simak video di bawah ini :


Hal penting tentang penguasaan kopling mobil 


Sahabat perlu diperhatikan,saat anda dikecepatan tinggi usahakan injak pedal rem sampai kecepatan turun terlebih  dahulu sebelum injak pedal kopling,Hal ini karena saat di kecepatan tinggi timbul daya dorong mobil akibat putaran roda dan efek grafitasi .Nah,jika kita putus langsung dengan kopling maka mobil akan semakin nyelonong karena sudah tidak di imbangi pengereman mesin.Sama halnya saat anda melewati turunan selalu gunakan rem dahulu hingga kecepatan turun baru kemudian injak kopling.Hal ini dimaksudkan untuk keamanan berkendara anda tentunya.

Sahabat sekalian,sekian dulu share kali ini ,tunggu share berikutnya tentang cara menyetir mobil dari kami.

wdcfawqafwef